Wednesday 5 December 2012

Putussibau Kembali Diterjang Banjir

Putussibau. Walau pun belum mengkhawatirkan, banjir kembali menerjang kota Putussibau. Beberapa titik, terutama dataran rendah sudah terandam air, Rabu (5/12).
Banjir yang terjadi sejak dua hari lalu kini semakin membesar. Sejumlah akses jalan dalam Kota Putussibau terputus, bahkan sejumlah fasilitas umum lainnya juga sudah mulai terendam. Meskipun demikian tampak arus kendaraan yang lalu lalang di Kota Putussibau masih padat. Hanya saja warga yang lokasinya terendam banjir mulai mengungsikan kendaraan roda dua maupun empat miliknya di dataran tinggi.
Pantauan dilapangan, sejumlah akses jalan yang terendam air yiatu di jalan M Yasin, jalan Pasar Inpres, jalan Dogom, jalan Hasanaudin, jalan M Yamin dan jalan A Yani. Bahkan sejumlah daratan rendah lainnya seperti di Kecamatan Putussibau Selatan tepatnya di daerah Teluk Barak, Kampung Jati rendaman air sudah mengancam pemukiman penduduk. Kedalaman air berpariasi namun rata-rata sekitar setengah meter.
Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu, Gunawan SE menuturkan banjir kali ini baru terjadi Kota Putussibau dan sekitarnya. Sedangkan  untuk sejumlah kecamatan kondis air belum terlalu besar.  Namun Gunawan  selalu menghimbau agar seluruh kecamatan Kabupaten Kapuas Hulu agar terus memberikan laporan kondisi banjir diwilayahnya masing-masing. Sehingga apabila ada kondisi  yang memang darurat, maka akan ada langkah yang ambil dengan status tanggap darurat. “Akan tetapi banjir ini hanya banjir tahunan, sejumlah kecamatan dipesisir sungai kapuas belum ada melaporkan kondisi saat ini. Namun sekali lagi saya minta agar pihak kecamatan selalu mengupdate laporan terkait banjir ini,” pinta Gunawan.