Wednesday 19 December 2012

FDS-BK ke-2 Resmi Ditutup

*Jadikan Agenda Rutin Kapuas Hulu
Batang Lupar. Festival Danau Sentarum-Betung Kerihun (FDS-BK) akan terus digelar dan akan menjadi agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu. Hal ini ditegaskan Wakil Bupati Kapuas Hulu saat menutup FDS-BK ke-2, Sabtu (15/12) pukul 16.00 di Desa Landjak, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu.
“Di atas mimbar ini atas nama pemerintah daerah, saya menyatakan FDS-BK akan terus dilaksanakan. Di samping itu, kegiatan ini akan dilengkapi dengan event-event lain yang telah dirangkum dalam calendar of event di Bumi Uncak Kapuas,” kata Wabup.
Hadir saat penutupan, anggota DPRD, Pemprov, Forkumpinda, dan Muspika serta NGO.
Wabup menyatakan tujuan terpenting yang ingin dicapai dengan festival ini untuk memperkenalkan potensi Kapuas Hulu sebagai destinasi nasional. Kemudian, agar masyarakat Kapuas Hulu dapat berpariwisata di daerah sendiri dan lebih memahami potensi yang ada di daerahnya. Selain itu, guna memberdayakan masyarakat dalam peluang ekonomi agar memberi kontribusi PAD dari sektor pariwisata secara signifikan.
“Ini tidak akan singkat, namun kami optimis melihat minat masyarakat akan berhasil. Untuk itu dukungan semua pihak sangat dibutuhkan. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi. Kepada para camat saya harapkan masyarakat terus dibina dan dikembangkan. Dan pada seluruh masyarakat, kita tentu harus jaga potensi yang ada dan keunikannya karena itu adalah potensi yang menarik wisatawan mancanegara,” terangnya.
Sementara itu, Ketua pelaksana FDS-BK Drs Alexander Rombonang MMA mengatakan dalam kegiatan kali ini seluruh kecamatan terlibat. Tetapi yang mengikuti seluruh rangkaian kegiatan hanya empat kecamatan. “Namun ini lebih baik dari tahun lalu yang di mana ada tiga kecamatan yang tidak berpartisipasi pada semua lomba. Terkait dengan kendala, karena semua pihak turut aktif dalam kegiatan ini jadi tidak ada kendala berarti pada event kali ini. Kendati demikian kita akan terus lakukan evaluasi agar tahun depan bisa lebih siap dari pada tahun ini,” ujar Alex.
Dalam penutupan FDS-BK ini juga dilakukan penobatan Bujang dan Dara Pariwisata Kapuas Hulu Tahun 2012. Pada penobatannya, pemenang Bujang berasal dari Kecamatan Silat Hilir dan Dara dari Kecamatan Hulu Gurung. Penobatan dilakukan langsung wakil bupati dan istrinya Terina Timas AMd. Acara tampak semakin meriah ketika sesi hiburan rakyat dimulai. Ratusan masyarakat memadati panggung mendengarkan lantunan nada dari artis nasional Nugie dan beberapa artis KDI. Festival pun ditutup ditandai dengan pemukulan kangkuang.