Wednesday 19 December 2012

Kapuas Hulu Terbaik Program Penanaman 1 Milyar Pohon

Putussibau. Kabupaten Kapuas Hulu menjadi nomor satu pelaksanaan OBIT (One Billion Million Indonesian Trees) tahun 2011 se-Kalbar. Penghargaan diterima langsung Bupati Kapuas Hulu pada 4 Desember 2012 di Kota Singkawang.
Pada tahun 2012 ini, Kapuas Hulu kembali memperingati hari menanam pohon Indonesia dan bulan menanam nasional, Jumat (14/12) kemarin di halaman Balai Sentra Kerajinan Industri Kapuas Hulu. Acara dipimpin Sekda Kapuas Hulu Ir H Muhammad Sukri melibatkan kepala SKPD, TNI/Polri, organisasi wanita, LSM, ormas, Pramuka, pelajar, dan masyarakat.
Drs H Hasan M MSi, Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Disbunhut) Kapuas Hulu mengatakan peringatan hari menanam pohon Indonesia dan bulan menanam pohon nasional ini diatur berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24/2008 serta Peraturan Menteri Kehutan Nomor P.16/Menhut-II/2012 tentang panduan penanaman satu miliar pohon. Peringatan hari menanam pohon ini juga merupakan tindak lanjut dari amanat presiden amanat presiden pada tahun sebelumnya untuk melakukan gerakan penanaman satu miliar pohon yang diselenggarakan secara nasional, dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam rangka rehabilitasi hutan dan lahan kritis serta antisipasi perubahan iklim.
Untuk mendukung gerakan ini menyebar dan menyeluruh menjadi sebuah gerakan se-Kapuas Hulu, maka pelaksanaan penanaman oleh instansi atau masyarakat di lingkungan masing-masing hingga berakhirnya sampai 31 Januari 2013. Untuk itu dialokasikan sejumlah pohon kepada masing-masing instansi, masyarakat, kecamatan yang disesuaikan ketersediaan bibit yang ada.
“Jumlah pohon yang disediakan untuk program ini berjumlah 4.081 pohon yang terdiri dari jenis tembesuk, gaharu, dan petai yang didistribusikan melalui Disbunhut Kapuas Hulu. Gerakan penanaman secara massal oleh seluruh masyarakat Kapuas Hulu pada pelaksanaan hari menanam pohon Indonesia ini merupakan salah satu wujud nyata bahwa Kapuas Hulu peduli terhadap perbaikan lingkungan dan perubahan iklim,” terang Hasan.
Sementara itu, Sekda usai membacakan amanat dari Menteri Kehutanan RI mengatakan, pada 2011 Kapuas Hulu menjadi nomor satu se-Kalbar dalam pelaksanaan OBIT. Ini tentu atas dukungan semua pihak. “Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam peringatan hari menanam pohon dan bulan menanam pohon ini,” ujarnya.
Keberhasilan ini mesti terus didukung. Disbunhut telah menyiapkan bibit-bibit untuk ditanam. Bawalah bibit-bibit ini untuk diteruskan di tempatnya masing-masing agar ditanam. “Kapuas Hulu sebagai kawasan konservasi perlu terus didukung, karena saat ini banyak sudah kawasan yang menjadi kritis,” tandas Sukri.
Pada kesempatan tersebut, Sekda secara simbolik menyerahkan bibit pohon kepada perwakilan masyarakat, pramuka, dan ormas. Sukri pun secara simbolik melakukan penanaman pohon yang diikuti kepala SKPD dan instansi vertikal lainnya.