Tuesday 13 November 2012

Pelantikan Kepengurusan Pramuka Kapuas Hulu

Putussibau. Bupati AM Nasir SH dilantik sebagai ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan Wakil Bupati Agus Mulyana SH sebagai Wakil Ketua I sekaligus ketua Kwarcab Gerakan Pramuka (GP) Kapuas Hulu periode 2011 – 2016. Prosesi pelantikan digelar di Aula Kantor Bupati Kapuas Hulu, Sabtu (10/11) malam.
Kepengurusan Mabicab GP Kapuas Hulu dilantik langsung ketua Kwarda Kalbar dan juga sekaligus Andalan Nasional Koordinator Wilayah Kalimantan, H Suryadi MS SSos MSi. Kepengurusan Mabicab ini diisi pejabat-pejabat dipemerintahan dan instansi vertikal yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu. Usai dilantik, Nasir pun melantik kepengurusan Kwarcab GP Kapuas Hulu periode 2011 – 2016, dimana Agus Mulyana SH sebagai ketuanya.
Dalam sambutannya Suryadi mengatakan setelah 2010, acara seperti ini tidak hanya merupakan amanat organisasi pramuka lagi, lagi tapi sudah merupakan amanat Undang-Undang. Sehingga mau tidak mau mulai presiden, bupati wajib menyelenggarakan seremoni seperti ini. “Dimana kwartirda melantik bupati dan kwarcab, itu tidak lain dan tidak bukan merupakan amanat undang-undang. Dimana Unadang-Undang Nomor 12 tahun 2010 mengamanatkan kepada presiden, gubernur, bupati dan walikota seluruh Indonesia untuk meberikan dukungan moral, material, finansial dan organisatoris sebagai majelis pembimbing di gerakan pramuka, termasuk juga di Kapuas Hulu,” katanya.
Dengan dilantikanya Bupati dengan seluruh jajaran SKPD dan Kwarcab, maka gerakan pramuka di Uncak Kapuas ini bisa bergerak dengan tepat, sesuai dengan semangat revitalisasi yang dicanangkan oleh presiden. Sehingga keberadaan gerakan pramuka betul-betul dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, termasuk di Kapuas Hulu dan sekitarnya. Aksi pramuka peduli yang nyata akan lebih diaktifkan lagi dan melakukan pembinaan dengan peserta didik. “Para pembina berkolaborasi menciptakan inovasi dan suatu kreativitas yang akhirnya melahirkan suatu ide atau agagasan yang betul-betul bernuansa kemasyarakatan yang mana manfaat keberadaan pramuka bisa dirasakan secara full oleh masyarakat,” ujar Suryadi.
Dengan pelantikan ini semoga program-program yang sudah dan akan dilaksanakan betul-betul bersinergi antara program pemerintah dengan pramuka. Sehingga pembinaan pendidikan karakter terhadap anak-anak bangsa dapat terwujud dengan baik. “Selaku ketua Kwarda, saya sudah melantik sembilan bupati di Kalbar dan selaku Andalan Nasional Koordinator Wilayah Kalimantan, saya sudah melantik tiga gubernur di Kalimantan,” uangkapnya.
Sementara Bupati mengatakan pelantikan ini dirasakan amat bersejarah karena bertepatan dengan hari pahlawan. Mengingat kepengurusan Mabicab GP Kapuas Hulu banyak kepala dinas, Nasir mengharapkan mereka dapat membina Saka Pramuka yang ada di instansinya masing-masing. “Melihat pengurus Mabicab, saya yaki, pramuka Kapuas Hulu akan lebih maju lagi. Sedangkan kepada kwarcab GP Kapuas Hulu, saya ucapkan selamat, mudah-mudahan dengan pelantikan ini membawa berkah dan hikmah bai kita semua.