Tuesday 13 November 2012

Mengenalkan Danau Sentarum Melalui Kepramukaan

Batang Lupar. H Suryadi MS SSos MSI, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka  (GP)Kalbar dan Andalan Nasional Wilayah Kalimantan tidak mensia-siakan wantunya berkunjung ke Kabupaten Kapuas Hulu untuk menyaksikan sendiri keindahan panorama Danau Sentarum, Minggu (11/11) kemarin. Bahkan melalui kepanduan, ia akan menjual potensi wisata Danau Sentarum ketingkat nasional, ASEAN dan Asia Pasifik.
Kehadiran Suryadi di Bumi Uncak Kapuas dalam rangka melantik Kepengurusan Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) GP Kapuas Hulu, dimana Bupati AM Nasir SH sebagai ketuanya, Sabtu (10/11) malam. Kemudian keesokan paginya ia mengikuti upacara memperingati hari Sumpah Pemuda dan GP dihalaman kantor Bupati. Usai mengikuti apel, dengan didampingi  Kapusdiklat H Noto Hadi Santoso BA dan beberapa pengurus Kwarcab GP Kapuas Hulu, Suryadi pun pergi ke kawasan Danau Sentarum.
Rasa penat selama perjalanan dari Putussibau menggunakan mobil hilang seketika saat memasuki kawasan Danau Sentarum.  Dengan menggunakan longboat rombongan menuju pulau melayu yang ada di tengah-tengah danau. Suryadi pun tidak henti-hentinya memuji keindahan panorama danau yang dijadikan kawasan Taman Nasional ini. “Saya sudah melihat langsung bagaimana keindahan danau sentarum dan ternyata sangat luar biasa. Aset ini tentu perlu dijual keberbagai daerah bahkan manca negara,” ujar Suryadi memuji keindahan kawasan Danau Sentarum, kepada Harian Rakyat Kalbar.
Danau Sentarum yang memiliki luar lebih sekitar 132.000 hektar  ini menggambarkan betapa kayanya alam Kalbar khususnya Kapuas Hulu. Ini mesti bisa diberdayakan, sehingga dapat menjadi aset wisata yang sangat menarik. “Dan sangat tetap pemerintah Kapuas Hulu menyelenggarakan festival Danau Sentarum. Karena dengan penyelenggaraan festival itu akan bisa mengangkat potensi-potensi lokal  disekitar Danau Sentarum dan pada akhirnya masyarakat dunia akan melihat dan menyaksikan betapa indahnya danau ini, yang konon katanya memiliki spesies ikan terlengkap didunia. Dengan berbagai aneka ragam hewani dan nabati,” kata pria yang sudah berkeliling lebih dari 80 negara ini.
Sudah banyak danau-danau di Indonesia yang dikunjungi Suryadi, seperti Danau Toba di Sumatra Utara, Danau Batur di Bali dan lainnya, namun  Danau Sentarum yang begitu luas dikelilingi pergunungan serta sangat alami. Ini perlu sentuhan-sentuhan seni dan bernuansa pelestarian alam. Sehingga akan menjadi kekayaan alam dan aset yang sangat penting bagi Kapuas Hulu, Kalbar, Indonesia dan bahkan dunia.
Sesuai dengan misi dan visi GP terkait dengan Dasa Darma pramuka, yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, dengan melihat potensi alam Danau Sentarum  yang begitu besar, Suryadi akan berupaya melakukan pembicaraan dipaparan nasional bahkan kawasan Asia Pasifik untuk menjual danau ini. Sebab  Danau Senarum  bisa dijadikan kawasan untuk aktivitas kepanduan yang ada dikawasan Asian dan perbatasan. Lebih-lebih Kapuas Hulu merupakan salah satu kawasan perbatasan. “Ini menjadi program unggulan kita di Kalbar untuk dibawa ke level nasional maupun Asean dan Asia Pasifik. Sehngga demikian anggota pramuka yang ada di Kapuas Hulu dan Kalbar memiliki rasa bangga terhadap daerahnya dan terhadap nilai-nilai budaya. Karena bagaimana pun kalau kita bicara budaya nasional adalah bagaimana kita meningkatkan budaya lokal. Karena lahirnya budaya nasional, akibat kristalisasi dari nilai-nilai budaya lokal, tanpa kecuali dengan alamnya yang indah diantaranya danau sentarum yang berada di Uncak Kapuas Ini,” paparnya.
Apalagi untuk tingkat Provinsi Kalbar, Suryadi akan berupaya menganggendakan kegiatan kepramukaan sekali-kali di Danau Senarum. “Seperti pembicaraan saya dengan Bupati selaku Mabicab GP Kapuas Hulu tentu akan kita pollow up melalui raker. Karena bagaimana pun akan diputuskan melalui raker, begitulah mekanisme organisasi. Kita akan menyelenggarakan apakah nanti dalam bentuk jambore atau raimona atau apa pun namanya, akan kita bincangkan. Ini karena memang potensi alam di Kapuas Hulu ini sangat menjanjikan, sehingga seluruh pramuka dan masyarakat Kalbar wajib mengetahui sejauh mana indahnya panorama atau pemandangan alam Danau Sentarum,” terangnya.