Sunday 17 August 2014

Kapolda Kalbar Perintahkan Kapolres Deteksi Dini Jaringan ISIS

Putussibau. Kapolda Kalbar, Brigjen (Pol) Arief Sulistyanto menegaskan telah intruksikan seluruh Kapolres dan Kapolsek untuk melakukan kegiatan-kegiatan segera mendeteksi secara dini bila ada gerakan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) diwilayah Kalbar.
"Seminggu yang lalu ditingkat provinsi kami sudah bersinergi, berkoordinasi dengan seluruh tokoh agama, tokoh adat, tokoh kerajaan nusantara dan seluruh elemen yang ada di Kalbar, sudah membuat suatu pernyataan sikap bahwa menolak dengan tegas paham ISIS diseluruh wilayah Kalbar, di Bumi Khatulistiwa. Ini akan ditindaklanjuti oleh seluruh Kapolres dan seluruh Kapolsek," terangnya usai mendarat di Bandara Pangsuma Putussibau, dalam rangka kunjungan kerjanya ke Kapuas Hulu, Jumat (15/8).Seluruh Kapolres dan Kapolsek, kata Arief agar segera melakukan kegiatan-kegiatan, baik yang sifatnya deteksi dini, kegiatan pre-entif, memberikan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat, dan persiapan preventif. Apa bila semua telah dilakukan, ternyata ada maka dilakukan penjemputan paksa guna penindakan, bila kegiatannya itu sudah mengarah pada pidana atau UU yang berlaku di Indonesia. "Sebelumnya sempat ada informasi tentang jaringan ISIS di Kalbar, tapi setelah didalami ternyata tidak benar. Jadi saya ada mendapat laporan seorang teman pers, tapi setelah didalami pada suatu masjid ternyata mereka hanya melakukan kegiatan pengajian biasa saja, tapi mendiskusikan bahaya ISIS di Indonesia.  Justru mereka mendiskusikan bahaya ISIS di Indonesia dan itu tidak bisa berkembang di wilayah kita," papar Kaporda.
Terkait Kapuas Hulu yang notabene kawasan perbatasan langsung dengan Malaysia, Kapolda mengaku ada memberikan intruksi khusus kepada Kapolres. Sebab dikhawatirkankan paham radikal tersebut bisa saja masuk dari Malaysia. "Kedatangan saya ke Kapuas Hulu ini juga dalam rangka memberikan intruksi khusus karena ini wilayah perbatasan dengan malaysia, karena dikhawatirkan jaringan ISIS yang berada di Malaysia masuk melalui perbatasan," katanya.