Sunday 31 August 2014

Indonesia-Malaysia Seperti Adik Beradik

Putussibau. Kepanduan adalah organisasi universal yang dapat menjalin persaudaraan antarnegara. Termasuk hubungan antara pemerintah Indonesia dengan Malaysia. 
Sebagaimana diketahui hubungan  Indonesia – Malaysia sempat beberapa kali memanas. Diantara penyebabnya adanya klaim budaya maupun wilayah Indonesia oleh negara tetangga tersebut. Walaupun sempat bersitegang, menurut Ketua Pesuruh Jaya Pengakap (sebutan Pramuka di Malaysia) Negeri Sarawak-Malaysia, Sudaryo, hubungan antara kedua negara serumpun ini baik-baik saja, bahkan seperti adik beradik. Hubungan baik ini telah terbangun bertahun-tahun lamanya.
“Alhamdulillah dari kita selalu mengaungkan persahabatan ini sebagai satu tanda untuk merealisasikan satu nusantara,” katanya, usai mengikuti Apel Besar HUT GP ke-53, di halaman kantor Bupati Kapuas Hulu, Rabu (27/8).
Pada Apel Besar HUT GP tersebut, Sudaryo tidak datang sendiri, ia didampingi Said Bul Hasan selaku Wakil Ketua Pesuruh Jaya Pengakap Negeri Sarawak dan Sabli Ketua Kwasan Pengakap Negeri Sarawak. Bahkan Sudaryo juga memperoleh penghargaan dari GP Kalbar.
Menurut Sudaryo, kedatangan pihaknya dalam rangka HUT Pramuka Kalbar ke-53 ini dianggapnya sebagai pengakraban persahabatan antar dua negara. khususnya negeri Serawak dengan Indonesia.
Walaupun adanya hubungan yang kurang baik antar dua negara, dikatakan dia lagi sama sekali tidak mempengaruhi GP Indonesia dengan Pengakap Malaysia. “Malah kita membuktikan dulu adanya kericuhan di Kalimantan, kita Pengakap masih bisa masuk di sini karena memang misi kita membawa kedamaian,” kata Sudaryo.

No comments:

Post a Comment