Tuesday 8 January 2013

Semua Memiliki Peran Menjaga Lingkungan Hidup

Putussibau. Pada prinsipnya menjaga lingkungan hidup merupakan tugas bersama. Sehingga tidak hanya menjadi tugas Kantor Lingkungan Hidup semata. Semua memiliki peran dalam menjaga lingkungan lingkungan hidup. Sehingga perlu sinergis antara Kantor Lingkungan Hidup dengan instansi lainnya. Sebab ada kesan tumpang tindih dalam mengelola lingkungan hidup.
"Setelah menjabat kepala Kantor Lingkungan Hidup, saya tidak ingin merubah kinerja, tapi berusaha memperbaiki apabila ada kelemahan dan permasalahan di lingkungan hidup. Karena selama ini dirasakan terjadi tumpang tindih siapa yang mengelola lingkungan hidup. Padahal mengurus lingkungan hidup bukan kantor ini saja, tapi seluruh instansi atau dinas juga wajib menjaga lingkungan hidup," terang Dini Ardianto SIP, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas Hulu, yang belum lama ini dilantik.
Menurut mantan Kasat Satpol PP Kapuas Hulu ini banyak instansi yang berhubungan dengan lingkungan hidup. Terutama dalam hal pemberian izin yang berpotensi merusak lingkungan hidup. Makanya perlu sinergitas antar instansi terkait mengenai lingkungan hidup ini dengan Kantor Lingkungan Hidup untuk menganalisanya. "Kita tidak mau apabila ada kerusakan disana, baru Kantor Lingkungan Hidup masuk. Semestinya ini harus diantisipasi sejak dini secara bersama-sama," jelasnya.
Dini mengharap instansi yang berhubungan dengan lingkungan hidup untuk selalu bekerjasama dengan kantor yang dipimpinya. Jangan terkesan melaksanakan sendiri tanpa melibatkan Kantor Lingkungan Hidup. "Yang pasti minta kerja sama dengan instansi lainnya, terhadap hal-hal yang berhubungan dengan lingkungan hidup," ujarnya.
Dini pun berharap juga kepada pihak swasta seperti perusahaan pertambangan, perkebunan sawit atau lainnya lebih mementingkan lingkungan hidup. Silakan berinvestasi di Kapuas Hulu, tapi harus sama-sama menjaga lingkungan hidup. "Biar sama-sama untung. Perusahaan untung dan masyarakat tidak terganggu akibat kerusakan lingkungan hidupnya. Karena saya juga tidak bisa tanpa dukungan pihak swasta untuk sama-sama menjaga lingkungan hidup," tuturnya.