Wednesday 9 January 2013

Kapuas Hulu Miliki Enam Hutan Desa

Putussibau. Kabupaten Kapuas Hulu memiliki enam hutan desa yang telah diverifikasi Kementerian Kehutan RI. Bahkan ada 11 desa lagi yang masyarakatnya mengusulkan agar hutannya dijadikan hutan desa.
"Program hutan desa di Kapuas Hulu cukup banyak. Ini patut kita syukuri, karena memang kebijakan pemerintah pusat memberikan kewenangan kepada kepala desa dan masyarakatnya untuk mengelola hutannya dijadikan hutan desa demi peningkatan kesejahteraan," ujar Bupati AM Nasir SH saat membuka acara ekspos progress dan Rencana Kerja Tahun 2013 Program Hutan Desa di Kapuas Hulu, Selasa (8/1) kemarin di Aula Bupati yang dihadiri Perwakilan Dinas Kehutanan Provinsi Kalbar, NGO, Perwakilan Dinas, dan lainnya.
Diungkapkan Bupati bahkan setelah enam yang telah diverifikasi, ada lagi 11 desa menghadap dan menghendaki terkait hutan desa ini. Namun alangkah baiknya fokuskan dulu terhadap enam hutan desa yang telah diverifikasi. Agar apa dan bagaimana memanfaat hutan desa tersebut sebagai bahan evaluasi kedepannya.
Karena yang penting adalah tujuan apa dari masyarakat sehingga mengusulkan menjadi hutan desa. "Karena kalau kita lihat ini tidak lepas dari adanya bantuan pusat terhadap hutan desa ini. Dari pada banyak bantuan untuk hutan desa, tapi tidak efektif, alanghkah baiknya kita lihat dulu terhadap enam desa yang telah telah diverifikasi Kementerian Kehutanan ini," terangnya.
Untuk itu, Bupati mengintruksikan kepada dinas terkait agat benar-benar menyeleksi hutan desa dengan selektif. Jangan sampai memberikan rekomendasi salah. "Dengan adanya kebijakan pusat ini harap dimanfaatkan sebaik mungkin, karena kita tidak tahu kedepannya apakah masih ada program ini. Namun prinsipnya Pemda mendukung hutan desa, karena masyarakat diberikan kewenangan mengelola hutan demi kesejahteraan mereka," imbuhnya.
Lebih lanjut, Bupati mengatakan Kapuas Hulu komitmen sebagai Kabupaten Konservasi. Bahkan setelah Kapuas Hulu mendeklarasikan sebagai Kabupaten Konservasi, banyak NGO dan LSM luar negeri datang ke Bumi Uncak Kapuas. Namun apakah kedatangan mereka untuk membantu Pemerintah Kapuas Hulu atau hanya sekedar melakukan penelitian. "Kami harap ada masukan-masukan positif untuk evaluasi kita. Untuk itu lah diharapkan kegiatan-kegiatan pusat dan NGO di Kapuas Hulu lapor ke pemda, sebagai masukan dan bahan evaluasi kita," tegas Bupati.