Monday 1 December 2014

Hubungan TNI-Polri di Kapuas Hulu Harmonis

Putussibau. Beberapa waktu lalu hubungan TNI dan Polri sempat memanas akibat terjadinya bentrokan di beberapa daerah. Namun di Kapuas Hulu hubungan antara kedua institusi penjaga keamanan ini selalu harmonis. Menurut Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Mahyudi Nazriansyah SIK, hubungan antara TNI dan Polri di Kapuas Hulu berjalan sangat baik.
“Alhamdulillah hubungan Polri dengan TNI, baik Kodim 1206/Psb dan Yonif 644/Wls di Kapuas Hulu selama ini sangat harmonis. Terjalin sinergi yang bagus dalam bekerja,” kata Mahyudi, kemarin. 
Selama ini, hubungan Kapolres dengan Dandim dan Danyon begitu baik. Termasuk hubungan baik antara sesama perwira dan anggota. Bahkan dalam berbagai kegiatan, kedua institusi ini kerap melakukan secara bersama-sama. “Begitu juga pasukan kita dengan TNI, mereka juga sangat baik hubungan, kalau ada kegiatan mereka bersama-sama. Kadang memang kurang terekspos saja, seperti olahraga bersama, apel bersama, patroli bersama dan lain-lain,” ujarnya.
Kegiatan yang dilakukan kedua institusi ini untuk menumbuhkan tali persaudaraan. Sehingga diharapkan tidak ada terjadi gesekan-gesekan antara Polri dan TNI. Bentrokan yang terjadi karena adanya perselisihan oknum-oknum saja. Di mana masalah pribadi dibawa-bawa ke kedinasan. “Tentunya ini dapat dihindarkan dengan kebersamaan. Karena pada intinya tanggungjawab dan tugas kita ini sama, yakni sebagai warga negara dan sebagai aparat penegak hukum. Sehingga sesama aparat negara sama-sama menjaga keamanan dan keutuhan NKRI, serta keselamatan masyarakat,” ujar Mahyudi.
Untuk itu ia berharap hubungan yang terjalin baik ini terus terjaga. Antara Polri dan TNI mesti saling mengisi untuk menjaga keamanan masyarakat, bukannya bermusuh-musuhan. “TNI-Polri merupakan saudara dan keluarga, makanya kita saling sinergi untuk membangun dan melakukan pengamanan,” tegasnya.
Selama ini pun Polres Kapuas Hulu, Kodim 1206/Psb dan Yonif 644/Wls, telah berkomitmen mengawasi masing-masing anggotanya, agar tidak keluyuran di tempat hiburan malam. Hal ini guna mengantisipasi terjadinya gesekan-gesekan antara anggota. “Imbauan dan larangan anggota tidak keluyuran di tempat hiburan malam sudah lama diterbitkan. Bahkan sudah ditempel di tempat-tempat hiburan malam.
Semua pimpinan pun sudah memberikan arahan kepada anggotanya masing-masing. Namun, apabila ada anggota Polri maupun TNI yang masih berkeluyuran di tempat hiburan malam, itu hanya oknum yang tidak menaati perintah pimpinannya masing-masing,” jelas Kapolres.

No comments:

Post a Comment