Monday 15 December 2014

Jangan Sepelekan Dokumen Kependudukan

Putussibau. Dokumen kependudukan memiliki banyak manfaat, jadi jangan anggap sepele. Sehingga masyarakat dihimbau untuk segera mungkin membuat dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan an Pencatatan Sipil (Disdukcapil).
"Bagi yang belum, kita himbau agar masyarakat segera mungkin membuat dokumen pencatatan sipil. Tidak hanya KTP, tapi juga akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan, akta perceraian, maupun pencatatan pengakuan anak," terang Hadi Pranata, S.STP, Kabid Pencatatan Sipil pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat, Jumat (12/12).
Menurut Aan - sapaan akrab Hadi Pranata – hingga Nopember 2014, tercatat masyarakat yang telah membuat akta kelahiran sebanyak 94.422, akta kematian 46, pencatatan pengakuan anak 0, akta perkawinan 8.455, dan akta perceraian 6. Dengan penduduk Kapuas Hulu sebesar 234.029, jumlah warganya mengurus dokumen kependudukan ini masih tergolong minim. Untuk itu, Disdukcapil akan terus berupaya meningkatkan kepedulian masyarakat dengan memberikan pemahaman terhadap pentingnya dokumen kependudukan ini. "Dokumen kependudukan ini penting, apa lagi Kapuas Hulu kawasan yang berbatasan dengan negara lain. Sehingga perlu disiplin terhadap dokumen kependudukan," tegas Aan.
Dijelaskan mantan Kasubag Dokumentasi dan Informasi Humas Setda Kapuas Hulu ini, kepengurusan dokumen kependudukan gratis. Pihaknya pun berupaya melakukan pendataan awal dan perekaman dengan sistem jemput bola. "Kita harap RT, Kades, dan Lurah dapat bersinergi dengan kami agar dapat memberikan laporan peristiwa-peristiwa penting di wilayahnya masing-masing. Begitu pula dengan instansi-instansi vertikal yang berkaitan dengan akta agar dapat bersinergi penuh dalam rangka memberikan pelayanan masyarakat, seperti Kemenag, Imigrasi, dan KUA," paparnya.
Aan juga menghimbau kepada masyarakat agar mengurus sendiri saat dokumen kependudukan dan tidak menggunakan calo. Selain agar paham proses mengurusnya, juga dapat dengan segera diperbaiki bila ada kesalahan data. Sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk memperbaiki.

No comments:

Post a Comment