Thursday 25 April 2013

Bupati Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2012

Putussibau. DPRD menggelar sidang paripurna terkait pembahasan Laporan Keterangan Pertanggung Jawab (LKPJ) Bupati Kapuas Hulu Tahun Anggaran 2012. Pidato pengantar disampaikan langsung oleh Bupati Kapuas Hulu AM Nasir SH, Rabu (24/4) sekitar pukul 10.00 di ruang sidang DPRD Kapuas Hulu
Sidang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Ade M Zulkifli SAP didampingi Wakil Ketua I, M Yusuf Habibi SSos dan Wakil Ketua II, Agustinus Ding SH, serta dihadiri sebagian besar anggotanya. Hadir pula perwakilan instansi vertikal, kepala SKPD, kepala Bagian, dan lain-lain.
Dalam pidato pengantarnya Bupati mengatakan bahwa pelaksanaan kinerja yang telah dilaksanakan didasarkan pada APBD 2012, mengacu pada dokumen perencanaan pembangunan daerah. Yaitu Perda Nomor 15/2011 tentang rencana pembangunan jangka menengah Kapuas Hulu tahun 2011-2015, Perbub Kapuas Hulu Nomor 9/2011 tentang rencana kerja pemerintah daerah tahun 2012, dan Perda Nomor 1/2012 tentang APBD TA 2012. "Kedudukan ketiga produk hukum daerah tersebut berfungsi sebagai rujukan dalam melakukan penilaian kinerja Pemkab Kapuas Hulu pada setiap akhir tahun anggaran, sesuai dengan arah, tujuan dan sasaran serta capaian kinerja dalam pelaksanaan RPJMD Kapuas Hulu tahun 2011-2015, dengan lima misi daerah," terang AM Nasir SH.
Misi daerah, pertama mewujudkan birokrasi yang profesional, kredibel, responsif, dan bertanggung jawab. Dua, peningkatan kualitas SDM yang bertaqwa, cerdas dan sehat. Tiga, pembangunan sarana dan prasarana wilayah serta aksesibilitas ke daerah terpencil, terisolir dan perbatasan. Empat, pemberdayaan ekonomi masyarakat yang bertumpu pada potensi dan sumberdaya lokal. Dan lima, memelihara keseimbangan lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan.
Pada pidato pengantarnya, bupati menyampikan beberapa penghargaan yang diterima pemkab Kapuas Hulu dan beberapa capaian yang telah dilakukan diberbagai bidang. Sementara terkait APBD Kapuas Hulu TA 2012, Bupati menuturkan setelah perubahan secara keseluruhan sebesar Rp 1.001.124.803.460 atau meningkat 8,48 persen dari tahun 2011 sebesar Rp 922.838.822.475. Sedangkan kontribusi PAD terhadap APBD secara keseluruhan sampai saat ini, meskipun prosentasenya belum sebanding dengan penerimaan dari pemerintah pusat, namun dari sisi kinerja setiap tahunnya mengalami peningkatan.
Pada tahun 2012, PAD yang terealisasi sebesar Rp 31.525.600.001,35. Penerimaan daerah masih didominasi oleh dana perimbangan yang berasal dari pemerintah pusat, baik DAU, DAK maupun dana bagi hasil pajak dan bukan pajak. "Disamping itu terdapat dana dekonsentrasi yang diterima langsung oleh beberapa SKPD. Oleh karena itu upaya meningkatkan PAD akan terus dioptimalkan melalui interaksi dan ekstensifikasi," kata Nasir.
Realisasi belanja pada TA 2012 sesuai data sementara keseluruhannya setelah perubahan adalah sebesar Rp 925.799.594.290. Ini terdiri dari belanja operasional sebesar Rp 651.513.763.662, belanja modal Rp 271.045.534.748, dan belanja tak terduga Rp 3.240.295.880. "Jumlah kekayaan pemkab Kapuas Hulu per 31 Desember 2012 total aktiva sebesar Rp 2.529.995.270.145,36," jelas Bupati.
Sebagai manusia biasa, lanjut Nasir tentu dirinya tidak luput dari kelemahan dan keterbatasan. Namun pihaknya telah berusaha semaksimal mungkin membangun komitmen dan mengerahkan kemampuan manajerial untuk menyusun konsepsi kebijakan dan program untuk mencapai visi, misi, tujuan, dan sasaran pembangunan di daerah ini. Namun kenyataannya, hanya ini lah yang dapat direalisasikan. "Secara jujur saya akui, jika terdapat berbagai indikator keberhasilan, semuanya itu adalah hasil optimal dari proses kerjasama semua pihak dan juga merupakan keberhasilan dari seluruh pimpinan dan anggota dewan yang memberikan dukungan dan kerjasama dalam pelaksanaan tugas umum pemerintahan dan pembangunan," terangnya.
Jika terdapat indikator ketidakberhasilan adalah merupakan bagian dari kelemahannya dalam mengarahkan dan mengawasi implementasi pelaksanaan tugas yang dilakukan oleh staf dan menjadi tanggung jawabnya. Oleh karena itu ia mengharapkan adanya kontribusi pemikiran yang positif agar bermanfaat bagi penyempurnaan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kapuas Hulu dimasa yang akan datang. "Terima kasih dan penghargaan kepada seluruh pimpinan dan anggota dewan atas seluruh dukungan dan kerjasama yang baik, yang telah diberikan. Sepenuhnya saya sadari selaku Bupati, tidak akan dapat melakukan tugas-tugas ini dengan baik, jika tidak mendapatkan dukungan dan kerjasama dari dewan yang terhormat. Begitu pula kepada rekan-rekan Muspida, saya sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas semua kerjasama, saran dan bantuan yang telah diberikan selama ini. Kepada pimpinan ormas, tokoh agama dan seluruh masyarakat, terima kasih atas semua saran, pemikiran, kerjasama, bahkan kritik membangun yang telah diberikan," tutur Nasir.