Thursday 28 March 2013

GP Speedboat Sedot Perhatian Warga

Jongkong. Turnamen Grand Prix (GP) Speedboat yang diselenggarakan di Sungai Kapuas Dusun Mentipang Desa Ujung Jambu Kecamatan Jongkong sukses digelar. Perlombaan yang tergolong unik ini bahkan menyedot perhatian masyarakat untuk menontonnya.
Pertandingan yang menggunakan speedboat 15 PK ini dibagai dalam dua kelas. Kelas original diikuti enam tim yang terdiri dari 21 peserta. Sedangkan kelas modifikasi diikuti delapan tim dengan 24 peserta. “Perlombaan ini dimulai dan dibuka pada hari Sabtu (16/3) kemarin,” kata Den, Ketua panitia.
Partai puncak atau final dan sekaligus pembagian hadiah diselenggarakan pada Senin (18/3). Untuk kelas original berhasil juara I dari tim Monster dengan nama peserta Aswan. Sedangkan untuk kelas modifikasi juara I diraih tim Selimbau dengan nama peserta Aan. Kegiatan yang bertujuan untuk hiburan masyarakat ini memang tidak berlimpah hadiah. Karena bagi juara I selain hanya memperoleh uang Rp 1 juta dan juga piala.
Dijelaskan Den, perlombaan ini sudah empat kali diselenggarakan ditempat yang sama. Tujuannya memberikan hiburan gratis bagi masyarakat. Sehingga tidak heran selama pertandingan antusias masyarakat begitu tinggi untuk menonton. Pasalnya selain masyarakat kurang hiburan, perlombaan ini tergolong menegangkan. Tidak mengherankan, bahkan masyarakat danau banyak menonton pertandingan yang hanya diselenggarakan di Jongkong ini. “Enam bulan kedepan, rencananya kami bermaksud menyelenggarakan pertandingan ini lagi,” ujarnya.
Ditambahkan Den, sebenarnya mereka bermasuk ingin memperluas penyelenggarakan menjadi tingkat kabupaten. Namun karena terbentur dana, sehingga baru bisa diadakan pada tingkat kecamatan. “Mudah-mudahan saja untuk tahun-tahun berikutnya bisa (tingkat kabupaten). Namun yang pasti,ini baru disini  diselenggarakan pertandingan tersebut, karena ditempat lain belum pernah,” tuntasnya.