Monday 25 March 2013

Pencanangan Car Free Day di Kapuas Hulu

Putussibau. Seperti yang telah diselenggarakan di daerah-daerah lainnya, Kabupaten Kapuas Hulu pun melaksanakan Car Free Day yang dipusatkan di Jalan Gajah Mada sampai Jalan DI Panjaitan, Putussibau. Hari bebas kendaraan bermotor dibuka dan sekaligus dicanangkan oleh Wakil Bupati Kapuas Hulu Agus Mulyana SH, Minggu (24/3) pagi.
Hadir mendampingi Wabup, Ketua GOW Kapuas Hulu Terina Timas Agus Mulyana AMd. Tampak hadir pula Ketua TP PKK Kapuas Hulu Erlina Wati Nasir SH dan Dandim 1206/PSB Letkol Inf H Jayusman serta beberapa kepala SKPD. Sementara ribuan masyarakat yang hadir, mulai dari orang tua hingga anak-anak dan pelajar. "Hari ini mulai kita canangkan dan setiap hari minggu diselenggarakan Car Free Day ditempat ini. Atas nama pemda kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas respon positifnya dan terima kasih pula kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini," kata Agus Mulyana SH. Dilokasi ini, tidak hanya bebas terhadap kendaraan bermotor, tapi ada berbagai kegiatan yang dilakukan masyarakat. Sebab berbagai kalangan dipersilakan untuk berekspresi, senam, berolah raga dan lain sebagainya. "Sambil kita berkumpul satu sama lain. Harapan kita dengan kegiatan ini masyarakat semakin dipersatukan. Karena apa pun yang kita rencanakan untuk membangun Kapuas Hulu, kalau dilakukan secara bersama-sama diharapkan berjalan baik," terang Wabup.
Untuk itu, Agus meminta masyarakat mendukung Car Free Day ini agar dapat berlangsung setiap minggunya. Selain membangun dengan tetap memperhatikan lingkungan, agar hidup selalu sehat. "Ikuti lah kegiatan ini dengan baik dan tertib. Kepada panitia harap dapat mengevaluasi setiap minggunya nanti," pesan Wabup.
Sementara itu, Ketua Penyelenggara Hadi Pranata SSTP menuturkan Car Free Day ini direncanakan berlangsung setiap hari minggu dari pukul 06.00 - 10.00 sepanjang tahun 2013. Kegiatan Car Free Day seperti ini telah menjadi tren yang dilaksanakan pada kota-kota diwilayah Indonesia. "Car Free Day diinspirasi oleh kesadaran akan menipisnya cadangan sumber daya alam, khususnya minyak bumi serta meningkatnya emisi gas kendaraan bermotor, rumah kaca, yang menyebabkan pemanasan global," ujarnya.
Lebih lanjut, pelaksanaan Car Free Day ini merupakan upaya strategis dalam memeriahkan kota, karena didalamnya akan terdapat berbagai aktivitas yang direpresentasikan melalui kegiatan olah raga, market day serta hubungan sosial kemasyarakatan. Sebagai salah satu implementasi dari kesadaran terhadap pola hidup sehat, dengan diadakannya Car Free Day ini turut menjadi sarana yang memotivasi seluruh masyarakat untuk melakukan aktivitas olahraga. Karena konsep yang disajikan berupa olahraga kreasi. "Selanjutnya dengan adanya Car Free Day dapat menjadi ajang bagi usaha kecil dan menengah lokal untuk mempromosikan produk-produknya agar lebih dikenal masyarakat," kata Aan, sapaan akrab Hadi Pranata.
Ditengah acara disisipkan dengan hadirnya para musisi dan seniman Kapuas Hulu, semakin menambah semaraknya event car free day. Hal ini merupakan apresiasi bagi seluruh masyarakat Kapuas Hulu, apalagi kegiatan ini bersinergi dengan pemerintah dalam melestarikan lingkungan dan memelihara kesehatan keluarga.
Kapuas Hulu, jika dilihat kasat mata tentunya masih memiliki kawasan hutan yang cukup banyak dan masih mensuplai oksigen yang baik. Tingkat polusi yang diakibatkan oleh kendaraan pun masih sangat rendah. Namun apabila dengan membiarkan kondisi dimana lingkungan dalam keadaan tidak terawat dan penggunaan energi yang berlebihan serta mengkonsumsi terhadap kendaraan yang semakin hari semakin meningkat dengan tidak memperhatikan tingkat kelayakan dari kendaraan tersebut lama kelamaan juga akan menimbulkan masalah terhadap pencemaran udara. Apa bila tidak dimulai dari sekarang untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan maka lama kelamaan akan memiliki dampak negatif juga bagi kelangsungan kehidupan masyarakat. "Dalam rangka mengurangi polusi yang diakibatkan oleh gas monoksida dan carbon dioksida, car free day adalah sebuah momentum penting bagi masyarakat Kapuas Hulu dalam bertransfromasi menuju masyarakat sehat yang peduli terhadap lingkungan," jelasnya.
Usai dilakukan pencanangan yang ditandai pemotongan pita oleh Wabup, dilanjutkan dengan senam bersama yang diikuti ribuan masyarakat. Setelah pembagian doorprize, dilanjutkan dengan penampilan berbagai aksi dan kreasi anak-anak muda Kapuas Hulu mewarnai hari pertama Car free day ini.