Monday 27 October 2014

Yonif 644/Wls Gelar Uji Siap Tempur

Putussibau. Menjaga kedaulatan NKRI adalah tugas pokok TNI dan merupakan harga mati bagi setiap prajurit. Oleh karena itu, sesuai dengan direktif latihan Brigif 19/Kh, Batalyon Infanteri  (Yonif) 644/Walet Sakti menggelar uji siap tempur kompi yang dilaksanakan pada minggu kedua bulan Oktober 2014 di Desa Ulu Tubuk Kecamatan Kalis.
Latihan uji siap tempur ini dalam rangka meningkatkan dan memantapkan kemampuan prajuritnya melalui latihan UST Kompi. Pelaksanaan latihan dengan kekuatan dua Kompi di Yonif 644/Wls. “Medan yang di pilih sangatlah tidak mudah karena terletak di pegunungan dan rawa,” kata Danyon 644/Wls, Letkol Inf Nico Reza H. Dipura, kemarin.
Dipilihnya medan yang sulit, karena bertujuan untuk mengukur kemampuan kesiapan tempur tingkat kompi Yonif 644/Wls. Latihan ini juga dalam rangka persiapan Pratugas Yonif 644/Wls menjaga perbatasan Indonesia dan Malaysia.  “Materi latihan diantaranya Wandangjaki, Patkam, Patgap, Patdang dan Pungsihpung dahmah,” ujar Danyon.
Saat membuka uji siap tempur, lanjut Nico, Danbrigif 19/Kh Kolonel Inf Andi Candra As’addudin SE menyampaikan bahwa seorang Komandan Kompi harus memiliki kemampuan memberikan perintah operasi, navigasi darat, pengetahuan tentang peta, kemampuan menembak serta fisik yang prima. Sehingga dapat meyakinkan semua anggota yang berada di bawah komandonya untuk mengikuti perintah yang diberikan. “Latihan UST tingkat Kompi tersebut berjalan dengan aman dan lancar, latihan tersebut dibuka secara langsung oleh Komandan Brigade Infanteri 19/Khatulistiwa dengan menyematkan tanda latihan UST kepada penyelenggara dan pelaku,” jelasnya.
Menurut Danyon, kegiatan ini dilaksanakan dengan penuh semangat, aman, lancar dan berhasil. Ia pun mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi, karena selama menggelar uji siap tempur, adanya dukungan dan partisipasi dari warga sekitar daerah latihan. Kegiatan diakhiri dengan pemberian bantuan berupa bola voly, bola kaki dan net gawang yang secara langsung diberikan oleh Letkol Inf Nico Reza H. Dipura selaku Danyonif 644/Wls kepada Kepala Desa (Kades) Ulu Tubuk Kecamatan Kalis. Penyerahan ini dihadapan para anggota Yonif 644/Wls dan masyarakat sekitar.