Monday 15 October 2012

PNPM Sukses, Legislatif Siap Dukung

Putussibau. Berdasarkan penilaian Iman Shabirin SPdI, Ketua Komisi A DPRD Kapuas Hulu perjalanan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) di Kapuas Hulu sukses. Legislatif pun siap mendukung program-program pemberdayaan masyarakat desa ini.
Walau pun demikian, menurut Politisi partai Demokrat ini, ada beberapa persoalan yang mesti diperbaiki. Salah satu yaitu manajemen PNPM dalam pengelolaan simpan pinjam yang dijadikan dana abadi. Karena masih ada kecamatan yang pengembaliannya bermasalah.Walau pun secara signifikan keuangannya mengalami peningkatan karena jauh lebih besar. "Akan tetapi ada laporan simpan pinjam dikecamatan yang belum baik. Ini kita minta agar lebih baik lagi," ujarnya.
Dikatakan Iman,  kendala-kendala yang ada ini menjadi tugas bersama untuk memperbaikinya. Namun secara umum PNPM di Kapuas Hulu sangat sukses. Ini terbukti dengan kepercayaan pemerintah pusat kembali menggelontorkan dananya untuk PNPM-MPd Integrasi SPP-SPPN di Kapuas Hulu. "Masalah-masalah yang belum baik tentu harus diluruskan. Sehingga diharapkan pengelolaan PNPM kita tanpa cela," imbuhnya.
Belum lama ini, telah digelar Semiloka PNPM di DPRD Kapuas Hulu. Saat semiloka tersebut menurut Iman diskusinya lebih panjang dan lebih menguatkan komitmen legislatif. "Persoalan-persoalan yang selama ini mendera kita, yaitu terutama menyangkut anggaran. Karena sudah jelas anggaran kita selalu terbatas. Namun dengan dana sharing untuk PNPM rasanya keterbatasan itu sedikit-sedikit bisa kita kuatkan," terangnya.
Anggota DPRD Kapuas Hulu saat ini lebih kuat komitmenya untuk membantu program-program PNPM. Bahkan dengan pokok-pokok pikirannya anggota dewan siap mendukung lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. "Ini lah yang kita inginkan, ada keterbukaan, adanya saling kesepahaman. Sehingga menurut saya semiloka kemarin lebih berhasil dari semiloka sebelum-sebelumnya. Dan kita harap PNPM ini bisa terus berkelanjutan kedepannya," jelas Iman.