Wednesday 10 October 2012

Kapuas Hulu Wakili Kalbar Diajang LPI

Kontingen Liga Pelajar Indonesia SMP Kapuas HuluPutussibau. Untuk kedua kalinya tim LPI SMP Kabupaten Kapuas Hulu mewakili Kalbar di tingkat nasional. Walaupun empat hari lagi baru berangkat, kontingen sudah dilepas Bupati AM Nasir SH, Selasa (9/10).
Bupati mengatakan ini merupakan prestasi yang luar biasa bagi pelajar Kapuas Hulu karena dua kali berturut-turut berhasil menjadi yang terbaik di Kalbar. Walaupun demikian, perjuangan belum selesai. Pasalnya harus bertanding lagi di event yang lebih tinggi. “Ini artinya lawan akan semakin lebih kuat,” ujar Nasir.
Walaupun lawan semakin kuat, Nasir mengingatkan agar pemain tidaklah gentar. Meski berasal dari daerah paling ujung Kalbar, Kapuas Hulu harus menunjukkan semangat juang yang tinggi dan jangan minder. “Tunjukkan kalau kita bersaing dengan daerah lainnya. Untuk itu tunjukkan permainan yang terbaik. Selain Kalbar, kontingen juga membawa nama Kapuas Hulu. Untuk itu, agar nama daerah dijaga dengan baik. Jaga kekompakan, karena sepak bola adalah tim, sehingga perlu kerja sama,” katanya.
Menurut bupati, banyak manfaat dari olahraga. Dengan menekuni olahraga diharapkan dapat mengatasi kenakalan remaja. Untuk itu hindari hal-hal negatif seperti bergadang, mengonsumsi minuman keras apalagi narkoba. “Keuntungan lainnya menekuni olahraga, seperti yang kalian rasakan kali ini. Kalian yang sebelumnya tidak pernah ke Semarang, tapi dengan olahraga akhirnya ke Semarang,” tandas Nasir.
Kepada para atlet, Nasir mengimbau agar jangan terlalu berbesar hati. Sehingga pendidikan yang menjadi tugas pokok diabaikan. Namun olahraga dan pendidikan mesti sama-sama jalan. “Tetap belajar, jangan sampai tinggal mata pelajaran dan akhirnya tidak naik kelas. Jaga disiplin dengan baik. Karena masih banyak waktu kalian ke depan. Siapa tahu akan lebih berprestasi lagi.
Hadir pada acara pelepasan ini Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kapuas Hulu Antonius AMd Pd SE, Sekretaris Disdikpora Jumran SPd, pemain, pendamping, ofisial, pelatih, dan beberapa pengurus PSKH. Kontingen berjumlah 25 orang, 20 di antaranya pemain ini direncanakan berangkat pada Sabtu (13/10) menuju Pontianak. Setelah satu hari istirahat di Pontianak, kontingen akan bertolak ke Semarang pada Senin (15/10).
“Pertandingan akan dimulai pada Selasa (16/10). Di mana Kalbar satu grup dengan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Kalimantan Tengah,” jelas Antonius AMd Pd SE, Kepala Disdikpora Kapuas Hulu.