Thursday 11 October 2012

40 Pejabat Eselon IV Ikuti Diklat Pimpinan

Putussibau. Sebanyak 40 pejabat struktur eselon IV dilingkungan pemerintah kabupaten Kapuas Hulu mengikuti pendidikan dan pelatihan pimpinan (Diklat Pim), yang dibuka Bupati AM Nasir SH, Kamis (11/10) sekitar pukul 08.00 di Graha Korpri Putussibau.
Sarbani SE, Kepala BKD Kapuas Hulu menerangkan, Diklat Pim direncanakan selama 37 hari. Tenaga pengajar sebagian besar berasal dari Badan Diklat Kalbar serta beberapa orang widyaiswara luar biasa dari pejabat struktur dilingkungan pemerintah Kapuas Hulu yang telah berserfikat TOT. "Setelah seluruh peserta dapat menyelesaikan Diklat Pim, masing-masing akan diberikan sertifikat atau surata tanda tamat diklat dengan pencantuman kualifikasi kelulusan peserta yang diterbitkan oleh Badan Diklat Kalbar," terang Sarbani.
Sementara Bupati menuturkan, bahwa diklatpim yang diselenggarakan untuk mewujudkan pemenuhan kompentensi jabatan struktural. Juga merupakan salah satu tahapan pengembangan kualitas kepemimpinan aparatur jabatan elselon IV. "Diklatpim ini diselenggarakan bukan sekedar untuk memenuhi persyaratan administrasi atau formalitas belaka. Namun saya berharap akan dapat membawa dampak yang riil bagi peningkatan kinerja para pejabat pemerintah melalui penambahan wawasan, pengetahuan dan pembentukan sikap mental," terangnya.
Jabatan eselon IV adalah posisi yang strategis dan sekaligus diharapkan mampu berkontribusi besar terhadap kelancaran tupoksi masing-masing SKPD. Jabatan eselon IV dituntut memiliki keahlian teknis dalam merumuskan draf atau konsep awal kebijakan ditingkat SKPD. Selain itu pejabat eselon IV juga dituntut untuk mampu dan terampil melaksanakan tupoksi, sekaligus jembatan komunikasi antara staf dengan pejabat eselon III dan II dilingkungan kerjanya.
Bupati mengharap peserta diklatpim untuk mengikuti setiap mata diklat dengan serius dan disiplin, membentuk komunikasi yang kompak dan aktif antara sesama peserta. Kemudian menciptakan suasana belajar yang dinamis dalam proses pembelajaran. "Secara khusus saya berharap melalui diklatpim ini juga dapat meningkatkan pemahaman terhadap misi, misi dan arah kebijakan pembangunan Kapuas Hulu yang nantinya dapat secara riil diimplementasikan pada SKPD masing-masing," tutur Nasir.