Wednesday 26 March 2014

Budiana Firmansyah Duta LH Kapuas Hulu 2014

Putussibau. Ns. Budiana Firmansyah SKep akhirnya dinobatkan sebagai Duta Lingkungan Hidup (LH) Kapuas Hulu 2014. Pria ini menyingkirkan finalis lainnya digrand final pemilihan Duta LH Kapua Hulu yang dibuka Bupati AM Nasir SH, Sabtu (22/3) malam di Gedung Indor, Putussibau.
Kepala Kantor LH Kapuas Hulu Dini Ardianto SIP mengatakan penyelenggaraan pemilihan Duta LH berlangsung sejak tanggal 18-22 Maret, bertempat di Hotel Merpati dan Kantor LH Kapuas Hulu. Peserta yang mendaftar sebanyak 50 orang. Tapi berdasarkan hasil seleksi pendaftaran oleh panitia, yang memenuhi syarat menjadi finalis hanya 32 orang, terdiri dari 15 putri dan 17 putra. "Adapun tujuan utama dari pemilihan duta ini untuk mengkampanyekan LH kepada masyarakat untuk melestarikan LH, terutama bagi generasi muda," katanya.
Dijelaskan Dini, Kantor LH Kapuas Hulu baru dua kali menyelenggarakan pemilihan Duta LH, yaitu sejak 2013. Bila pemilihan Duta LH Kapuas Hulu yang diselenggarakan sebelumnya ada sepasang, yaitu Duta LH putra dan Duta LH putri, tapi sekarang yang dicari hanya satu. Ini berdasarkan petunjuk dari Kementerian LH dan BLH Provinsi Kalbar. "Setelah pemilihan ini, maka Duta LH Kapuas Hulu 2014 dan juara ranner up 1 akan dibawa diajang tingkat Provinsi Kalbar," katanya.
Tahun lalu, lanjut Dini walaupun dengan persiapan yang minim, namun berkat dukungan semua pihak Duta LH Kapuas Hulu 2013 atas nama Klothilde Sikun SSI terpilih sebagai Duta LH Provinsi dan akan mewakili Kalbar diajang pemilihan duta LH tingkat regional Kalimantan. "Kami Kantor LH Kapuas Hulu dan para duta LH berusaha akan menghijaukan kembali Kapuas Hulu, untuk itu mohon dukungan semua instansi," kata Dini.
Semantara Bupati menuturkan kegiatan pemilihan duta ini adalah mengkampanyekan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup serta membentuk agen sosial dari generasi muda yang peduli terhadap LH, khususnya di Kapuas Hulu dan Indonesia pada umumnya. Duta LH memiliki peranan penting terhadap keberlangsungan kelestarian LH. "Sebagai Duta, haruslah peka dan peduli dengan lingkungan sekitarnya. Sebagai bagian dari generasi muda Duta LH dituntut harus memahami arti pentingnya keseimbangan lingkungan bagi alam semestas," terang Nasir.
Beberapa contoh nyata yang harus menjadi perhatian generasi muda terutama Duta LH 2014 adalag masalah pemanasan global, illegal manning, illegal logging, sampah dan limbah bahan berbahaya dan beracun (limbah B3) dan masalah lainnya. Duta LH juga diharapkan mampu memberikan pemahaman yang benar tentang LH. Sebagai Duta LH, harus memiliki wawasan yang luas terhadap seluruh disiplin ilmu, terutama yang erat kaitannya dengan LH. "Kegiatan pemilihan Duta LH adalah program dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian LH, dimana merupakan kewajiban bagi kita untuk melaksanakannya sesuai dengan amanah UU Nomor 32/2009 tentang Pengelolaan dan Perlindungan LH dan UU Nomor 17/2012 tentang Pedoman Keterlibatan Masyarakat Dalam Pengawasan Analisis Dampak Lingkungan dan Izin Lingkungan," papar Bupati.
Pemda Kapuas Hulu, sambung Nasir menyambut baik kegiatan pemilihan Duta LH ini. Apalagi tahun lalu dari hasil pemilihan Duta LH yang dilakukan ditingkat kabupaten menjadi yang terbaik pada pemilihan Duta LH ditingkat Provinsi Kalbar 2013. Ini tentu merupakan suatu kebanggaan bagi Kapuas Hulu.
Kepada yang terpilih menjadi duta, Bupati mengharapkan dapat menyampaikan pesan-pesan moral mengenai lingkungan kepada masyarakat dan juga dapat melakukan aktivitas-aktivitas yang berpihak kepada lingkungan. Kemudian memiliki komitmen serta kepedulian terhadap kelestarian LH. "Selain itu, diharapkan nantinya dapat membawa harum nama Kabupaten Kapuas Hulu pada pemilihan Duta LH ditingkat Provinsi Kalbar," pungkas Nasir.
Hadir pada grand final pemilihan Duta LH ini ketua GOW Kapuas Hulu Ny. Terina Timas Mulyana AMd, Kapolres Kapuas Hulu AKBP Mahyudi Nazriansyah SIK, Kepala SKPD dan tamu undangan lainnya. Pada kesempatan tersebut, panitia juga mengundang Duta LH Regional Kalimantan 2013 dan para orang tua 23 finalis. Bahkan saat grand final ini berlangsung, gedung Indoor dipenuhi para pendukung masing-masing finalis.