Friday 5 April 2013

Putra Asli Kapuas Hulu Jabat Posisi Strategis Nasional

Putussibau. Dengan terpilihnya DR H Akil Mochtar SH MH menduduki posisi puncak Mahkamah Konstitusi (MK) merupakan kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Kapuas Hulu. Pasalnya putra asli Bumi Uncak Kapuas bisa menduduki posisi strategis di nasional.
"Yang jelas atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu mengucapkan selamat atas terpilihnya beliau (Akil Mochtar) sebagai Ketua MK. Bahkan ini suatu kebanggaan anak asli Kapuas Hulu bisa menjabat posisi strategis di pusat. Karena ini mungkin agak langka, dimana putra asli daerah Kapuas Hulu menjabat posisi strategis di pusat," kata Bupati Kapuas Hulu AM Nasir SH. 
Nasir berharap Akil bisa memikul tanggung jawab yang tidak ringan ini dengan baik. Bahkan Nasir berharap, Akil akan lebih sukses lagi. Tidak hanya bisa menjabat sebagai ketua MK saja, tapi juga posisi strategis lainnya di pusat. "Beliau jadi ketua MK bukan suatu yang mengherankan. Apalagi dia pernah menjadi anggota MK, sehingga sudah populer. Bukan hanya di Kapuas Hulu saja, tapi juga diseluruh Indonesia. Ini karena dia selalu tampil atas nama MK," ulasnya.
Bahkan Nasir sebelumnya sudah memprediksi bahwa Akil kedepannya akan jadi ketua MK. "Bahkan ini sudah pernah saya sampaikan ke beliau. Karena saya katakan pak Akil pasti berpeluang jadi Ketua MK dan akhirnya memang itu terbukti saat ini. Ini tidak lain karena memang sudah banyak yang ia buat selama di MK," ungkap Bupati.
Nasir mengaku sudah lama kenal dan akrab dengan Akil. Ini karena selain sesama putra Kapuas Hulu, juga satu alumni di SMA Muhammadiyah dan UPB (Universitas Panca Bakti). Sehingga ketika SMA dan kuliah makin akrab. Bahkan selama ini sering komunikasi, baik ketemu langsung dan bertelepon.
Dengan terpilihnya Akil sebagai ketua MK ini, menurut Bupati harus bisa dijadikan motivasi bagi masyarakat dan anak-anak Kapuas Hulu. Sebab Akil menjadi ketua MK ini bukan langsung loncat pagar. Tapi melalui proses yang panjang, yaitu meniti karir dari bawah. Bahkan dulunya pun Akil kerap juga mengalami masa-masa sulit dan susah. "Dulu beliau ketika SMA dan kuliah bukan termasuk anak yang mewah, tapi biasa-biasa saja. Tapi suatu hal yang menjadi modal Pak Akil ini, yaitu keberaniannya. Sehingga ini dapat memotivasi anak-anak Kapuas Hulu dan juga Kalbar,"
Untuk itu anak-anak Kapuas Hulu jangan minder, walau pun tinggal diujung Kalbar. Sebab selain Akil, sebelumnya juga ada Ovang Oeray, putra asli Kapuas Hulu menjadi Gubernur pertama Kalbar. "Ini menandakan anak-anak Kapuas Hulu bisa menjadi orang penting. Mudah-mudahan kedepan, makin banyak anak-anak Kapuas Hulu yang memperoleh posisi strategis di level provinsi dan bahkan nasional," harapnya.