Thursday 15 May 2014

Inilah 30 Anggota DPRD Kapuas Hulu Terpilih

*16 Wajah lama, 14 Wajah Baru
Putussibau. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabaupaten Kapuas Hulu menggelar Rapat Pleno Penetapan Perolehan Suara dan Kursi Partai Politik serta Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kapuas Hulu Hasil Pemilu Tahun 2014, Selasa (13/5) pagi di Aula Hotel Merpati.  Dari rapat yang dipimpin Ketua KPU Kapuas Hulu, Lisma Roliza SH empat komisionernya ini menetapkan 30 Calon terpilih untuk Anggota DPRD Kapuas Hulu. Dari 30 anggota DPRD terpilih tersebut, 16 wajah lama dan 14 wajah baru.
Dari hasil rekapitulasi perolehan suara parpol dan Caleg, akhirnya Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menguasai kursi legislatif yang menempatkan anggotanya sebanyak lima orang atau dengan persentase 16,67 persen. Sedangkan Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masing-masing memperoleh empat kursi atau 13,33 persen. Sementara Partai Gerakan Indonesia raya (Gerindra), Partai Demokrat dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), masing-masing memperoleh tiga kursi atau 10 persen.
Selanjutkanya, Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Amanat Nasional (PAN), masing-masing memperoleh kursi di DPRD Kapuas Hulu sebanyak 2 dengan persentase 6,67 persen. Sedangkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) hanya mampu menempatkan perwakilannya sebanyak satu orang atau 3,33 persen. Sementara Partai Bulan Bintang (PBB), tidak ada satu pun menempatkan perwakilannya di legislatif Kapuas Hulu.
Ada pun 30 calon terpilih DPRD Kapuas Hulu itu dibagi kedalam tiga Daerah Pemilihan (Dapil). Pada Dapil 1 yang menyediakan tujuh kursi, calon terpilihnya adalah Yanto SP dari PDIP dengan perolehan 2.370 suara, Robertus SH dari PDIP dengan perolehan 1.897 suara, H Wan Taufikorahman dari Partai Golkar dengan perolehan 2.344 suara, Baraun AMd dari Partai Gerindra dengan perolehan 1.988 suara, Maura Marselena Hiroh dari partai Demokrat dengan perolehan 1.375 suara,  Joni Kamiso dari PPP dengan perolehan 1.964 suara, dan Antonius L Ain Pamero dari PKPI dengan perolehan 2.269 suara.
Untuk Dapil 2 yang menyediakan 12 kursi, calon terpilihnya adalah Achmad Tarmizi AMd dari Partai NasDem dengan perolehan 1.361 suara,  Alimin dari PKB dengan perolehan 801 suara,  Antonius Tambun SH dari PDIP dengan perolehan 2.182 suara, Januar dari Partai Golkar dengan perolehan 1.936 suara, Drs Mansurudin dari Partai Golkar dengan perolehan 1.389 suara, Hamdi Jafar SSos dari Partai Gerindra dengan perolehan 2.487 suara, Iman Shabirin SPdI dari Partai Demokrat dengan perolehan 1.044 suara, Hairudin SPd dari PAN dengan perolehan  1.613 suara, Erlinawati SH dari PPP dengan perolehan 2.543 suara, Rajuliansyah dari PPP dengan perolehan 2.212 suara, Fabianus Kasim SH dari Partai Hanura dengan perolehan 1.417 suara, dan Antonius Manyu AMd Kep dari PKPI dengan perolehan 2009 suara.
Sementara itu dari Dapil 3, yang menyediakan 11 kursi ada Nurjanah Aini AMD dari Partai NasDem yang memperoleh 1.266 suara, Karyo Sumadi dari PKS dengan perolehan 1.563 suara, Alexander Trifanto dari PDIP dengan perolehan 1.886 suara, Ade M Zulkifli SAP dari Partai Golkar dengan perolehan 1.453 suara, H Muhsin Sag dari Partai Gerindra dengan perolehan 1.670 suara, Ir A Kasmayani MH dari Partai Demokrat dengan perolehan 643 suara, Budiharjo SH dari PAN dengan perolehan 1.400 suara, Samsudin dari PPP dengan perolehan 1.991 suara, M ziani SPdI dari PPP dengan perolehan 2.304 suara, Sitim Harjo dari Partai Hanura dengan perolehan 1.382 suara, dan Cosmas Priyautama dari PKPI dengan perolehan 1.889 suara.
Menurut Ketua KPU Kapuas Hulu Lisma Roliza SH dari calon terpilih ini 53,33 persen atau 16 kursinya ditempati incumbent, sedangkan 46,67 persen atau 14 kursi  lainnya ditempati wajah baru. Untuk keterwakilan perempuan hanya 10 persen saja, karena dari 30 kursi yang ada, hanya tiga orang perempuan yang berhasil menjadi anggota DPRD Kapuas Hulu. Dimana setiap Dapil ada keterwakilan perempuan satu orang. “Jumlah pemilih sebanyak 170.728 yang terdiri dari DPT (Daftar Pemilih Tetap), DPK (Daftar Pemilih Khusus) dan DPTB (Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKTb). Jumlah pemilih masyarakat yang menggunakan hak pilih sebanyak 145.382 orang dengan suara sah sebesar 140.895. sedangkan tingkat partisipasi pemilih di Kapuas Hulu mencapai 85,15 persen,” terangnya.
Sebelum dilakukan penetapan, sempat KPU Kapuas Hulu melakukan koreksi jumlah pemilih, suara sah dan tidak sah dibeberapa kecamatan. Ini sebelumnya sudah dikoreksi pada tingkat Provinsi Kalbar dan pusat. Namun koreksi ini tidak mempengaruhi jumlah suara sah parpol dan caleg. Kekeliruan ini hanya diakibatkan kesalahan pengetikan.
Pada kesempatan tersebut, Lisma mengucapkan selamat kepada calon terpilih dan diharapkan dapat menjalankan amanah sebagai wakil rakyat. Lisma pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyukseskan sehingga Pileg 2014 di Kapuas Hulu berjalan aman, baik dan lancar.  “Kepada pemerintah daerah, kepolisian, TNI dan semua elemen, termasuk wartawan yang telah ikut membantu menyukseskan pemilu ini,” katanya.
Penghargaan yang tinggi juga diberikan Lisma kepada masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya. Berkat dukungan masyarakat, tingkat partisipasi pemilih di Kapuas Hulu termasuk yang tertinggi di Kalbar. “Tingkat partisipasi pemilih di Kapuas Hulu sebesar 85,15 persen, ini merupakan tertinggi ketiga di kalbar. Kita harap tingkat partisipasi ini lebih tinggi lagi di saat Pilpres 2014 nanti,” harap Lisma.
Rapat pleno ini dihadiri pimpinan dan saksi parpol serta Panwaslu Kapuas Hulu. Rapat pleno ini pun mendapat pengamanan ketat dari aparat kepolisian. “Tugas kita hanya sampai disini, untuk pelantikan nanti sudah menjadi wewenangnya Sekretaris DPRD Kapuas Hulu,” sambung Lisma.